Masalah tentang kesehatan pada gigi dan mulut tidak hanya dialami oleh orang orang dewasa saja, namun juga dialami oleh anak anak dan para bayi. Masalah ini tentusaja dapan dialami bagi anak anak dan bayi karena mereka belum paham bagaimana cara menjaga kesehatan gigi. Dalam hal ini, diperlukan peran orang tua yang dapat membantu menjaga kesehatan begitu juga Gusi pada anak dan bayi agar tetap terjaga kesehatannya dan tidak menimbulkan masalah kerusakan.

Permasalahan yang dialami oleh bayi dan juga anak setiap orang berbeda. Sebenarnya pada dasarnya permasalahan ini memiliki satu poin yang sama, yaitu kebiasaan dalam menjaga kebersihan dan juga kesehatan dalam rongga mulut. Hal ini harusnya telah diperkenalkan oleh orang tua sejak dini agar anak anak dapat terhindar dari masalah kesehatan gigi dan mulut.

Berikut adalah beberapa permasalahan yang bisa dihadapi oleh anak dan juga bagi tentang gigi dan mulut mereka :

  • Lubang pada gigi

Lubang pada gigi yang biasanya dikenal dengan sebutan Karies merupakan salah satu penyakit pada gigi yang disebabkan oleh adanya infeksi dari serangan bakteri. Infeksi ini sudah tidak segera ditangani maka akan membuat lubang pada gigi semakin melebar dan infeksi bisa mencapai titik Syaraf. Jika telah mencapai titik Syaraf maka gigi akan mati. Jika gigi berlubang, anak Akan kesusahan dalam mengunyah. Hal ini dapat berpengaruh terhadap nafsu makan sang anak, sehingga permasalan harus segera diatasi.

  • Gigi yang tidak rata

Permasalan ini dapat terjadi karena gigi susu lebih dahulu tanggal sebelum waktu yang tentukan. Ini membuat gigi permanen atau tetap tumbuh dan menggantikan hilangnya gigi susu tersebut. Bisa juga gigi tetap tiba tiba tumbuh di belakang ataupun di bagian depan gigi susu harusnya lebih dulu tanggal. Gigi ini nantinya menjadi bertumbukan dan sulit untuk dibersihkan.Jika tidak dibersihkan, maka daerah ini akan terkena Karies gigi.

  • Akar yang tertinggal dari gigi susu

Jika anak sering mengkonsumsi susu botol, maka pemasangan ini akan dihadapi. Ciri khas dari permasalan ini adalah mahkota gigi pada anak khususnya di bagian depan sebagian besar rusak dan hanya meninggalkan akar saja. Sebaiknya gigi tersebut segera dicabut, karena memiliki potensi menjadi salah satu tempat tinggal para bakteri dan juga kuman yang dapat memicu infeksi. Infeksi ini nantinya bisa berbentuk benjolan dan membuat gusi menjadi bengkak. Ini juga bisa memicu abses yang dapat pecah dan menjalar melalui pembuluh darah menuju ke jantung, ginjal, bahkan sampai ke otak. Hal ini akan sangat berbahaya bagi anak ataupun orang dewasa.

  • Gigi yang maju

Jika anak Anda memiliki kebiasaan buruk seperti Menggigit bibir bawah, mengisap jari, ataupun minum dari dot maka gigi maju atau tonggos ini bisa menjadi permasalahan bagi anak. Kebiasaan itu sangat mengganggu karena ke depannya berpengaruh pada penampilan anak dan juga mafsu makan anak akan hilang karena sulit mengunyah.

Benjamin Wade
info@3jeb.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *