Hal – Hal Yang Perlu Dilakukan Untuk Menjaga Gigi Anak

Anak – anak merupakan sosok yang mencintaimakanan makanan manis. Makanan manis seperti es krim, permen, serta gula merupakan hal yang paling difavoritkan oleh anak anak bahkan selalu dicari ketika Sang anak ingin makan. Kemudian, hal yang selanjutnya sering diabaikan adalah anak menjadi jarang menggosok gigi setelah makan, apalagi makan makanan manis. Padahal mengkonsumsi makanan dan juga minuman manis dapat memicu tumbuhnya bakteri bakteri pada gigi dan dapat membuat gigi menjadi berlubang.

Inilah yang sering tidak diperhatikan oleh orang tua dan kemudian baru disadari setelah gigi Sang anak berlubang. Berikut adalah beberapa cara merawat gigi yang baik dan juga benar untuk menjaga anak terkena risiko gigi berlubang.

Rutin melakukan sikat gigi dengan teratur

Menyikat gigimerupakan suatu hal yang paling penting dilakukan untuk mencegah terjadinya gigi berlubang. Sangat disarankan ketika menyikat gigi, sang anak diberikan pasta gigi yang mengandung flouride karena dapat menggantikan mineral mineral yang hilang pada gigi setelah anak makan. Pastikan anak menyikat gigi setelah sarapan dan juga sebelum pergi tidur.

Memperhatikan makanan yang dikonsumsi anak

Sangat penting untuk menjaga makanan anak, karena makanan dapat berpengaruh besar terhadap kesehatan anak. Mengkonsumsi makanan dan juga minuman yang manis akan memicu bakteri serta Asam yang kemudian akan mengikis mineral – mineral di permukaan gigi anak. Oleh sebab itu, penting untuk selalu mengingatkan anak untuk membatasi konsumsi dalam segala makanan makanan yang memiliki rasa manis. Jangan sampai anak Anda terbiasa konsumsi makanan ataupun minuman manis, dan mengabaikan makanan utama yang harusnya dikonsumsi pada tingkat usia nya.

Melakukan pemeriksaan ke dokter gigi anak secara rutin

Walaupun memang terlihat sepele, namun orang tua tetap harus membawa anak untuk mendatangi dokter gigi paling tidak satu tahun sekali. Hal ini dapat dilakukan untuk mencegah kerusakan gigi anak sehingga dapat diketahui sejak dini. Orang tua perlu memberitahukan kepada anak bahwa pergi ke dokter gigi bukanlah sosok yang menakutkan. Sebagai orang tua, ada juga perlu mengajarkan kepada anak bahwa hal tersebut dilakukan untuk kebaikan dan juga kesehatan dari Sang anak, terutama pada bagian gigi.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan orang tua untuk menjaga kesehatan gigi dan anak. Hal tersebut harus dilakukan dengan teliti, untuk mencegah terjadinya risiko gigi berlubang pada anak. Selain itu, orang tua juga perlu memberikan pengertian pengertian kepada anak agar Sang anak tidak takut untuk mendatangi dokter dan kemudian menjadi lebih disiplin dalam menjaga kesehatan nya sejak dini, terutama pada bagian gigi. Dengan demikian, maka risiko mendapatkan gigi terbang akan sangat kecil.

Benjamin Wade
info@3jeb.net