Bahaya Karang Gigi Yang Menumpuk Bagi Kesehatan

Karang gigi merupakan salah satu masalah yang sering terjadi pada gigi. Karang gigi dapat terjadi akibat penumpukan kotoran kotoran dari sisa sisa makanan. Karang gigi yang menumpuk dapat menyebabkan permasalahan kesehatan yang cukup serius. Pada umumnya, penumpukan Karang gigi akan menyebabkan masalah kesehatan pada bagian rongga mulut. Namun jika dibiarkan dengan berlarut-larut, maka karang gigi dapat memicu terjadinya serangan jantung.

Berikut adalah beberapa penyakit penyakit yang dapat terjadi kepada gigi ataupun organ tubuh lainnya akibat penumpukan karang gigi yang sudah memburuk.

Risiko gigi goyang

Yang menumpuk dapat memicu terjadinya Peradangan pada gusi Anda. Penyakit Peradangan Gusi dikenal dengan sebutan gingivitis. Peradangan yang semakin parah akan menimbulkan risiko gusi sensitif dan membuat gusimenjadi mudah berdarah. Jika tidak segera ditangani dengan tepat, maka ini akan terus bertambah parah dan berubah menjadi periodontitis jika telah mencapai dan menjalar hingga tulang penyangga gigi, gigi Anda akan goyang.

Risiko bau mulut

Hari ini ada satu yang pasti akan Anda hadapi jika Anda tidak segera membersihkan karang gigi secara teratur dan juga tuntas. Terdapat sisa sisa makanan yang mengendap jika tidak disikat dengan bersih ketika gosok gigi menjadi salah satu penyebab adanya karang gigi. Dengan demikian, pembusukan dapat terjadi dalam mulut yang akhirnya membuat bau mulut timbul.

Penyebab risiko serangan jantung

Siapa yang tahu ternyata karang gigi dapat menjadi salah satu penyebab penyakit berbahaya, yaitu serangan jantung. Karang gigi memang sebaiknya harus segera dibersihkan untuk terhindar dari risiko terkena penyakit penyakit jantung karena pertumbuhan bakteri dapat dikurangi dengan pembersihan yang rutin. Jika bakteri tidak dibersihkan, maka akan terjadi Peradangan yang bisa memicu serangan jantung.

Terdapat cara lain untuk mencegah karang gigi bersarang di mulut Anda, salah satunya dengan melakukan gosok gigi paling tidak dua kali dalam satu hari secara teratur dan juga dengan tepat. Dengan rajin gosok gigi, maka risiko adanya karang gigi pada permukaan gigi Anda akan semakin berkurang.

Selain itu ada dapat membersikan karang gigi dengan menggunakan Benang gigi atau dikenal dengan sebutan dental floss. Dengan membersihkan sela sela gigi, maka penumpukan kotoran yang bisa memicu bakteri pada gigi juga bisa dikurangi dengan lebih maksimal. Anda juga perlu melakukan kontrol secara rutin dan mengunjungi dokter gigi paling tidak enam bulan sekali. Kunjungan rutin tersebut juga dapat membantu Anda jika sewaktu waktu Anda terkena masalah penyakit pada gigi dan bisa melakukan pencegahan lebih awal.

Semoga beberapa langkah diatas dapat membantu Anda untuk menjaga supaya terhindar dari karang gigi. Kunci yang paling penting adalah disiplin dan juga memperhatikan kebersihan dan juga kesehatan gigi serta mulut agar tidak terserang penyakit penyakit yang disebabkan oleh penumpukan karang gigi.

Benjamin Wade
info@3jeb.net