Telah menjadi rahasia umum bahwa makanan ataupun minuman yang manis dapat menjadi salah satu pemicu akibat gigi berlubang. Namun banyak juga makan untuk minuman yang tidak memiliki rasa manis juga bisa menjadi pemicu gigi Anda berlubang, karena adanya gula yang tersembunyi di dalamnya. Namun kesadaran masyarakat terhadap adanya bunda yang tersembunyi ini terbilang sangat rendah sehingga masih banyak orang yang mengkonsumsi gula secara berlebihan.

Menurut survei yang diambil oleh konsumsi makanan individu atau SK MII di tahun depan di tahun 2014 lalu dikatakan bahwa sedikitnya 29,7% masyarakat yang ada di Indonesia melakukan konsumsi gula harian yang melebihi batas yang di rekomendasikan oleh WHO. Batas dari WHO adalah 50 g tiap harinya untuk orang dewasa dan juga 30 g tiap harinya untuk anak anak. Ini merupakan 10% dari asupan energi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Cool yang tersembunyi biasanya menjadi salah satu tambahan dalam makanan ataupun minuman olahan. Bahkan banyak jenis jenis makanan yang dinilai sebagai makanan sehat ternyata memiliki gula tersembunyi di dalamnya. Makan makanan tersebut misalnya seperti biskuit, Sereal, roti gandum, agar agar, dan juga granola. Ada juga beberapa jenis minuman yang memiliki gula tersembunyi di dalamnya, seperti Isotonik, susu kacang, susu beras, jus buah, minuman diet, dan lainnya.

Lihat juga : Bahayakah minuman kekinian untuk gigi dan mulut ?

Banyak orang yang menganggap makanan makanan juga minuman di atas adalah jenis makanan dan minuman sehat tanpa mengetahui bahwa mereka mengandung gula sebanyak ada di dalamnya. Misalnya untuk jus buah, kandungan gula tersembunyi yang ada di dalamnya adalah 20 g. Untuk kudapan, atau protein bar, di dalamnya mengandung sekitar 7 hingga 9 g gula tersembunyi. Granola yang sedang hits di kalangan Millennial ini pun juga mengandung gula yang cukup tinggi, yaitu 10 hingga 20 g tiap sat sajian nya.

Maka dari itu, melihat tingginya dengan gula tersembunyi yang saja, pihak masyarakat sangat disarankan untuk tidak langsung percaya begitu saja bawa makanan yang mereka konsumsi tidak mengandung gula sama sekali karena rasanya tidak manis. Konsumsi gula yang berlebihan akan membuat segala macam masalah kesehatan menyerang tubuh Anda. Bukan hanya menjadi penyebab gigi berlubang saja, namun akan meningkatkan risiko Anda terkena diabetes, obesitas, kolesterol, tekanan darah tinggi, dan juga glukosa darah yang naik drastis.

Namun ada juga tidak perlu terlalu takut dengan konsumsi gula, karena gue juga penting bagi tubuh. Jangan sampai karena ada takut kelebihan gula, An tidak mengkonsumsi gula sama sekali. Selama konsumsi dilakukan dalam batas yang aman dan wajar, maka tidak akan berbahaya bagi kesehatan tubuh Anda. Maka dari itu ada di masyarakat yang pintar, apalagi dalam memilih makanan yang sehat. Sebagai seorang konsumen memang harus dituntut untuk cerdas. Makanan bukan hanya diri dari nutrisinya saja tapi juga dilihat dari kandungan gulanya. Dengan begitu, ada dapat menghindari risiko risiko penyakit dalam tubuh Anda dan juga ada tetap bisa menjaga kesehatan Anda dengan baik.

Benjamin Wade
info@3jeb.net

One thought on “Bahaya Gula Yang Tersembunyi Di Dalam Makanan Untuk kesehatan Gigi Dan Mulut”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *